Cari Disini

Talang Ubi Pendopo


Talang Ubi Pendopo merupakan salah satu Kecamatan di Kabupaten Muara Enim dan merupakan salah satu daerah yang kaya akan minyaknya.
Talang Ubi dikenal juga dengan tambang emas hitamnya. Sebelum Talang Ubi dulunya kecamatan berada di daerah Talang Akar, di Kecamatan Talang Ubi terdapat beberapa perusahaan besar yang bergerak di bidang pertambangan,perhutanan, dan perkebuna. Untuk pertambangan ada beberapa contoh seperti minyak bumi, dan batubara.

Talang Ubi Pendopo sendiri merupakan tanah kelahiranku, dari kecil hingga besar selalu berada di Talang Ubi Pendopo. Tidak pernah berani untuk merantau di daerah lain (istilahnyo tu Jago talang) hehe... bahasa yang dipakai Talang Ubi Pendopo ini sendiri otomatis bahasa Pendopo yang lebih mirip dengan bahasa Palembang... tapi ada juga bahasa lain yang digunakan... tergantung dari keturunan masing - masing orang yang bermukin disini, karna disini juga banyak orang datangan dari daerah jawa.
Pusat kota di Talang Ubi Pendopo ini sendiri dinamakan Simpang Lima... Di Simpang Lima ini sendiri banyak pedagang makanan yang menjajakan makanannya, dengan segala macam dan selera, kamu tinggal pilih sendiri. sejarah Pendopo ini sendiri aku kurang banyak tau... nanti kalau ada yang tau akan di posting kembali dengan cerita tentang pendopo yang lainnya. disini bersama WONG KITO GALO

41 comments:

Anonymous said...

gu ra ra ra... Emh... pendopo ye.Keren 2 beritanya, bs ngobatin kangen dengan Pendopo....apa lg berita leg gedeknya. tp kok lum ada yg kasih komen..? lam knal aja kak. aq alumni dari Smansa talang subur.

david said...

assalam ..
mudah2an talang ubi jadi kota..
makmane kabar kab. PALI nyo, jadi dak...

Anonymous said...

Ito
salam wong kito galo,aku wong talang akar aku jugo SMA YPIP PERIS pendopo,memang banyak nian kenangan yang ado disano,apo lagi sejarah talang akar.

InstaLL said...

Ai... kok dak ad yg pos komen nyo.

Anonymous said...

dulu aq kecilnya d talang akar, sering sih k pendopo bareng ibu kalo lagi mo belanja,...sekarang ibuq dh pndah ke kompleks handayani mulia,...& aq d jogja :(
(curhat dikit nh,...) > sabhana_Terra@yahoo.co.id

Anonymous said...

Pendopo l love you pendopo......
trimakasi ku pendopo,, karena di tempat engkaulah aku dilahirkan dan Melihat keidahan bumi ne.. daerah bhyangkaralah aku dibesarkan.... sesuatu keindahan dalam hidupku,, dan kan kujadikan kota yang bersejarah dalm hidup ku.........
BY; CANDRA KIRANA.../BAHYANGKARA (tenggah)

arwin said...

pendopo...kota berkembang dengan segala potensi daerah yg dimiliki,tinggal kita putra-putri daerah lah mau dibawa ke mana kota ini. rencana mau jd ibukota kabupaten tp kok lama banget...saya alumni SMPN 1 talang ubi pendopo. ayo pendopo bergerak dan berubah...majukan daerah ini mantabbb....
by arewind99@gmail.com

Anonymous said...

q rangga aditya shapura,q d lahir kn d sna,tp bsr d plmbng,q sring k sna k tka liburan,d sna tmpt yg plng br sjrah bgi q,bnyak knang2an yg idh tr ukir d pndpo,Q G TAU Bnyk daerah pndpo,tp q tau,pndpo adalah tanah minyak tr besar d indonesia,smoga u cpt menjd kota yg d agung kn leh masyarakat skitar n luar{amien},jy lh trus pndpo q,

Anonymous said...

Talang Ubi Pendopo, disanalah awal dari perubahan nasibku, dari seorang anak terminal kini menjadi seorang pejabat di BUMN, aku kangen talang ubi, aku kangen untuk kesana lagi. Doain semoga aku bisa kesana lagi untuk mengenang masa-masa perjuanganku melawan ganasnya kehidupan dunia. Talang Ubi Pendopo, 20 tahun yang lalu serasa baru kemarin aku meninggalkan mu.

Jack said...

pendopo tanah kelahiran tercinto...

Jack said...

aku jaka,pendopo adalah tanah kelahiran tercinto...

mas nanang said...

salam kenal mas faizal. saya nanang dari jawa timur, sekarang tinggal di anyer, banten. mohon informasi kalau di talang ubi (khususnya pendopo), kira-kira bisa ngga ya ngenet pakai flexinet? terimakasih atas informasinya.

faisal_415z said...

@mas nanag... salam kenal juga mas... bisa kok di pendopo pake flexinet...

Slamet "Cecep" Supardi said...

Aku lahir di RS Talang Akar, yang dulu justru lebih hebat dari pado Pendopo ('61). Sekola SD di Peris, SMP Peris selesai taun '76.Dulur aku banyak di Talang Ubi Bawa.

faisal_415z said...

@Pak Slamet Cecep Supardi... : bener, terkadang zaman dulu lebih hebat dari sekarang

Anonymous said...

Pendopo ???
Minyak banyak
Batu bara ado
Perkebunan luas

Tp wong pinter ado dak yo???

Amen ado kok kito masih banyak yang jadi kuli,wong yang nyari gawe, , manolah wong2 yang pernah kuliah2 keluar dulu yo... Halloooooooo???

atin said...

atin
pendopo bhangkara

atin said...

aku atin wong pendopo....kangen euy ama pendopo, aku alumni SMAN I talang ubi angkatan 06, cakamnano skrg kbr pendpo..? aku dah lamo tinggal di bandung

ryan badai said...

Aku rindukan Pendopo ku , tak banyak yg kuharapkan;
tapi kelak ketika aku memijakkan kaki dipendopoku itu, So aku ingin berbakti , berbuat dan mengabdi pada pendopoku... Salam sahabat untuk temanteman pendopku...

A Rajab Leite Katze said...

aku dulu sekolah di YPIP Peris angkatan 2002 kelas IPA... kangen sama sekolah disana, kangen sama teman² Nanang Apriandi, Afrizal, Sugi, Saryanto, Mustika, Mifta Hana, Elisna Maryani, Kocu, Apjunasril dll....

Anonymous said...

pendopo kota yang sederhana dengan penduduk yang ramah tamah,aku kangen pendopo :(

Anonymous said...

sumardi - pemalang

selamat perjuangan rekan-rekan di talang ubi,tanah abang, abab telah sukses dengan di sahkannya PALI sebagai kabupaten oleh DPR RI beberapa hari yang lalu, tapi dimanakah ibukota kab PALI ?

Anonymous said...

Selamat untuk seluruh masy Pendopo atas terbentuknyo Kab. Pali. Seharusnyo 20th yl kito lah pisah dari merinem. Tapi dak apolah, lebih baek terlambat drpd idak samo sekali. Aku darwin, wong pendopo lahir di RS Stanvac yg sekarang lah jadi sekolah, dulu tinggal di abab bawah, alumni sma ypp pendopo... Pendopo... i luv U full....!!!

muhammad ega said...

Gue orang pendopo juga
Gue juga punya blog

andy said...

:) sweet memory of this place thou... aku Andy alumni SMPN Talang Ubi thn 92..tinggal di Handayani dulunya, btw masih ada nggak ya panti asuhan yang disebelah KUA Handayani ??.. banyak temen sekolah dan main bola dilapangan belakang panti dulu, aku tinggal diseberang jalan deket dr. Zainudin...barangkali ada yg tau...

andy said...

:) sweet memory of this place thou... aku Andy alumni SMPN Talang Ubi thn 92..tinggal di Handayani dulunya, btw masih ada nggak ya panti asuhan yang disebelah KUA Handayani ??.. banyak temen sekolah dan main bola dilapangan belakang panti dulu, aku tinggal diseberang jalan deket dr. Zainudin...barangkali ada yg tau...

faisal_415z said...

@Mas Andy... kalo untuk panti asuhan yang di Hanyani masih ada mas... btw, salam kenal

Anonymous said...

Jalan NOMER 1 (SATU) yang paling sangat terindah DI DUNIA INI ADALAH jalan dari TALANG AKAR ke PENDOPO.sepanjang 12 kilometer
Sedangkan JALAN NOMER 2 (DUA) yang paling sangat terindah DI DUNIA INI ADALAH
jalan dari PENDOPO ke TALANGAKAR sepanjang 12 kilometer
Pada tahun 1962 saat usiaku 12 tahun menggiring SAPI dari Talang Akar ke Pendopo

Anonymous said...

Mw tanya nich.. saya dri palembang.. rencananya minggu depan saya berdomisili di talang ubi - Pendopo krna tuntutan pekerjaan.. saya belum trlalu mgenal daerah pendopo dn skitarnya.. yang jdi pertanyaan saya.. bagaimna kondisi keamanan disana? Untuk msalah jaringan internet apakah telah mencakup sluruh BTS provider trutama jringan CDMA.. Brapa jarak tempuh antara Palembang - Pendopo Talang Ubi.. sya hrap ada yang bisa menjawab prtanyaan saya. Terima Kasih.

faisal_415z said...

@Anonymous 04 November 2013 : Untuk kondisi keamanan di Pendopo, aman tidak aman sih, yang pasti kita tetap waspada... Untuk jaringan internet sudah mencakup di semua provider, terutama telkomsel... Untuk jarak tempuh Palembang - Pendopo antara 3 s.d 4 jam perjalanan mobil bahkan lebih jika terjadi macet...

dedisriyanto sukarami said...

salam kenal juga aku alumni smansa talang subur pendopo , tahun angkatan 2010,..
sukses buat kab pali

dedisriyanto sukarami said...

salam kenal juga sob, aku alumni smansa talang subur pendopo, angkatan 2010..
sukses buat KAB PALI,...

asril said...

Ikutan nimbrung, aku jugo lahir di RS Pendopo, thn '70 ninggali tangsi Gasplan melanjutkan SMA di Yogyakarta (sampe skrg nyangkut di Yogyakarta, Desember ni pensiun swasta). Bapakku pensiun thn 78 balik ke Padang Panjang, Sumbar, thn 2011 aku baru sempat njingok Pendopo lagi. Mampir ke rumah sedulur (Pakwo Taher) di Bukittudung, mau keliling Pendopo malah kesasar, cuma mampir lewat ke Gasplan, sdh itu cabut balik lagi ke Palembang sebab banyak yg dak ku kenal. Sekolah di SD 6 dan SMP YPRP. Pernah naik sepeda ke Tl Akar lwt jln lapis tai minyak

asril said...

Halo, aku jugo lahir di Pendopo, sekolah SD 3 pindah keSD 6 kepseknyo pak Harsono, pernah besepeda ke Tl Akar lwt jln lapis minyak, main di kolam apo dulu (lupo), 1970 ninggalke Pendopo ke Yogya sampe sekrg. Ado dak kwn ku dulu di sini

faisal_415z said...

@Asril... pengalaman yang tak terlupakan pak (nice story)...

Coba gabung di group FB "Komunitas Wong Pendopo (KWP)" siapo tau biso ketemu dengan teman teman lama pak... https://www.facebook.com/groups/211519557238/

bambu nursery said...

Sepertinya saya sudah lama sekali pergi dari pendopo sejak umur 14 thn sAmpai saat ini sudah 26 th ,,kangen ful pengen blusukan di hutan talang nangko talang baru .salam selalu sukamto

bambu nursery said...

Sukamto pendopo talang nangko bkt

Anonymous said...

ada peta traveling kabupaten pali dan sekitarnya, tempat-tempat wisata mungkin bos ?
kalau di pakai touring kira-kira aman ngga bos disana?
thanks

Anonymous said...

pendopo tempat kelahiran n menyimpan bnyak kenangan yg tak bisa aq lupakan,,,,,

Abu Muhammad said...

mohon maaf, mau minta informasi ni kk faishal. di Pendopo sudah ada bandara belum ya ? jarak dengan desa karang mulia kec Lubai berapa KM ? jauh gak ?
terimkasih banyak sebelumnya

faisal_415z said...

@Abu Muhammad... Wah, di Pendopo tidak ada lagi Bandara gan, sudah tutup... Nah, kalo jarak dari pendopo ke lubai ane kurang tau gan

Post a Comment

Masukkan Nama / Jati Diri Bila Ingin Berkomentar dengan klik pilih profile pada kolom di bawah... Demi Terikatnya Silahturahmi...